Saturday, July 16, 2011

Kalahkan Kolombia, Peru ke Semifinal


Kegembiraan para pemain Peru (Foto: Daylife)
Kegembiraan para pemain Peru

CIUDAD DE CORDOBA - Peru berhasil menjadi tim pertama yang lolos menuju Semifinal usai menekuk Kolombia dengan dua gol tanpa balas, Minggu (17/7/2011). Kemenangan ini didapat Peru dengan susah payah karena permainan alot dari Kolombia, dan kedua gol tercipta di kedua babak pertambahan waktu laga.

Sejak peluit babak pertama berbunyi, kedua tim bermain cenderung hati-hati. Permainan kedua tim juga cenderung kasar dengan umpan-umpan yang seringkali kandas di lini tengah.

Kolombia sendiri mengandalkan penyerangnya yang lagi naik daun di Eropa, Radamel Falcao. Berkali-kali Kolombia menusuk lini tengah pertahanan Peru melalui umpan terobosan dan umpan lambung dengan Falcao sebagai target namun selalu berakhir dengan kegagalan.

Peru menciptakan peluang di menit ke 20 namun tendangan Juan Vargas dari luar kotak penalti hanya berhasil melebar di sisi kiri gawang kipernya.Hal ini sontak membuat Kolombia berniat membalas dan hasilnya di menit ke 22 berganti kolombia yang mengancam gawang peru, namun bola berhasil diamankan oleh bek lawan.

Terus menekan, di menit 39 Falcao menyundul bola yang berakhir dengan tiupan peluit pertanda posisinya offside dan bola jauh dari mengarah ke gawang. Skor kacamata pun bertahan hingga akhirnya wasit Fransisco Chacon meniup peluit tanda usainya babak pertama.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain lebih terbuka dan melakukan serangan gencar.Hasilnya serangan cepat Peru yang mengandalkan William Chiroque di menit 49 membuat pendukung Kolombia menahan napas, untungnya ada Luis Martinez yang melakukan penyelamatan gemilang.

Merasa diserang membuat Kolombia tidak tinggal diam. Di menit ke 62. peluang didapat oleh D. Mreno namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang peru. Menit ke 66, Kolombia mendapat hadiah penalti karena Alberto Rodriguez mendorong Dayro Moreno setelah kehilangan bola dan wasit menunjuk titik putih. Sayangnya Falcao gagal eksekusi penalti karena arah tendangannya melebar. Hasil kacamata pun akhirnya bertahan hingga babak kedua usai.

Akhirnya di babak pertambahan waktu pertama, tepatnya di menit 102 Peru membuka gol lewat lesatan tendangan keras Lobaton yang memanfaatkan kesalahan kiper dalam menepis bola. hingga babak pertambahan waktu pertama usai, Peru tetap unggul satu kosong.

Kans Kolombia untuk lolos benar-benar tertutup usai Peru berhasil mencetak gol ke dua dari kaki Juan Vargas di babak pertambahan waktu kedua, tepatnya di menit 112. Berawal dari kesalahan kiper Kolombia dalam mengumpan yang berhasil direbut Guerrero, yang kemudian mengumpan kepada Vargas. Dua bek yang sudah terpecah konsentrasinya pun tidak bisa berbuat banyak mencegah tendangan Vargas. Peru pun menutup pertandingan ini dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain:

Peru- R. Fernández, A. Rodríguez, W. Vílchez, A. Balbín, C. Ramos, J. Vargas, R. Cruzado (J.Ballon/118'), R. Revoredo, L. Advíncula (C.Lubaton/46'), P. Guerrero, W. Chiroque (Y.Yotun/92')

Kolombia- L. Martínez, M. Yepes, L. Perea, C. Zúñiga, P. Armero, A. Aguilar (A. Aguilar/104'), C. Sánchez (J. Martinez/113'), F. Guarín, D. Moreno, R. Falcao, A. Ramos (H. Rodallega/73')